Emiten Favorit Kaesang Pangarep Ini (PMMP) Cetak Pendapatan US$ 100 Juta

PT Panca Mitra Multiperdana Tbk (PMMP). (Foto: Perseroan)

Jauhari Mahardhika (jauhari@investor.co.id)

JAKARTA, investor.id – PT Panca Mitra Multiperdana Tbk (PMMP) mampu menunjukkan kinerja yang positif selama semester I-2022. Pendapatan PMMP mencapai US$ 100,5 juta, naik 17,2% dibandingkan periode sama tahun lalu yang sebesar US$ 85,8 juta.

Adapun laba bersih Panca Mitra Multiperdana pada semester I-2022 sebesar US$ 6,4 juta, naik 5% dibandingkan periode sama tahun lalu yang senilai US$ 6,1 juta. Kenaikan laba bersih didukung oleh penurunan beban bunga selama tahun 2022 menjadi US$ 4 juta dari US$ 4,2 juta pada tahun 2021.

Panca Mitra Multiperdana merupakan emiten pengolah makanan beku berbasis udang. Tahun lalu, sebesar 8% saham Panca Mitra dibeli oleh PT Harapan Bangsa Kita (GK Hebat), perusahaan besutan Kaesang Pangarep, putra bungsu Presiden Joko Widodo. GK Hebat merupakan akselerator bisnis pengolahan makanan dan minuman.

Lebih lanjut, kinerja positif juga ditunjukkan oleh Panca Mitra, dimana perseroan mencetak laba kotor sebesar US$ 21,7 juta pada semester I-2022, meningkat 16,9% dibandingkan periode sama tahun lalu sebesar US$ 18,5 juta.

Namun, laba operasi emiten berkode saham PMMP ini turun tipis menjadi US$ 10,5 juta dari US$ 10,6 juta. Hal itu dipicu oleh peningkatan beban penjualan, karena terdampak kenaikan biaya angkut kontainer selama 2022.

Dari sisi neraca keuangan, total aset PMMP per 30 Juni 2022 meningkat menjadi US$ 282,3 juta dari US$ 268,6 juta pada Desember 2021. Total liabilitas PMMP meningkat menjadi US$ 200,2 juta pada Juni 2022 dari US$ 194,9 juta pada Desember 2021. Ekuitas pun naik menjadi US$ 80,1 juta pada Juni 2022 dari US$ 73,7 juta pada Desember 2021.

Kinerja positif PMMP selama semester I-2022 ditopang oleh mulai beroperasinya pabrik ke-8 sejak kuartal I-2022. Faktor pendukungnya adalah peningkatan penjualan ekspor, terutama ke Amerika Serikat yang meningkat sebesar 10,1% menjadi US$ 81,7 juta pada Juni 2022 dari US$ 74,2 juta pada Juni 2021. Selain itu, volume penjualan meningkat 12% menjadi 10.838 ton per Juni 2022 dibandingkan periode sama tahun lalu yang sebanyak 9.677 ton.

Direktur Utama PMMP, Martinus Soesilo mengatakan, performa selama semester I-2022 sudah sesuai dengan fokus bisnis perseroan. “Pertama-tama, kami mampu meningkatkan total penjualan pada 2022 dibandingkan tahun lalu. Hal ini didukung oleh mulai beroperasinya pabrik ke-8 kami pada awal tahun, sehingga mampu meningkatkan kapasitas produksi,” jelas dia dalam keterangan tertulis, Rabu (31/8/2022).

Martinus juga menyampaikan bahwa perseroan mampu meneruskan tren positif untuk berfokus pada peningkatan penjualan produk-produk value added, dimana selama semester I-2022, perseroan mampu meningkatkan penjualan produk-produk value added hingga mencapai 3.402 ton atau meningkat 61,3% dari pencapaian tahun lalu sebanyak 2.110 ton.

Tahun ini, PMMP berkomitmen dan optimistis dapat mencapai target, yakni peningkatan volume penjualan sekitar 15% menjadi kurang lebih 22.000 ton dan peningkatan penjualan sebesar 15% menjadi US$ 200 juta.

“Sejauh ini, pencapaian kinerja masih sesuai dengan target awal, yaitu penjualan US$ 200 juta hingga akhir 2022,” tutur Martinus.

Menurut dia, untuk mencapai target tersebut, perseroan telah merencanakan dan menerapkan beberapa strategi penjualan, salah satunya ekspansi ekspor ke negara-negara baru, serta tetap meningkatkan penetrasi pasar perseroan di Amerika Serikat dan Jepang.

“Pada awal tahun ini, kami menghadiri Seafood Expo North America yang diadakan di Boston, dimana kami menggunakan kesempatan ini untuk meningkatkan market share di Amerika Serikat. Selain itu, pada tahun ini, kami mampu menembus pasar ekspor baru ke Korea Selatan, dengan fokus pada produk-produk value added,” ujar Martinus.

Melalui strategi penjualan yang ekspansif dan efektif, serta didukung oleh kapasitas produksi yang meningkat, PMMP optimistis mampu mencapai target tahunan pada 2022.

Editor : Jauhari Mahardhika (jauhari@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

Translate »

Tender Offer

A tender offer is a bid to purchase some or all of a corporation’s shareholders’ stock. Tender offers are typically made publicly and invite shareholders to sell their shares for a specified price within a particular time window.

Cash Dividend

The cash dividend is part of the Company’s profit distributed to shareholders in cash.

Stock Dividend

Stock dividend is the allocation of company profits in additional shares.

Stock Split

A stock split is when a company divides the existing shares of its stock into multiple new shares to boost the stock’s liquidity.

Capital Placement without Pre-emptive Right

Capital Placement without Pre-emptive Rights (PMTHMETD) is the issuance of new shares through a private placement to selected investors.

Right Issue

Right issue or Preemptive Rights (HMETD) is the right for old shareholders to buy new stocks by the issuer.

Bonus Stock

Bonus Stocks are shares distributed free of charge to shareholders based on the number of shares owned.

The General Meeting of Shareholders (GMS)

The General Meeting of Shareholders (GMS) is a forum for shareholders to exercise their right to make certain decisions related to the Company, receive reports from the Board of Commissioners and Directors regarding their performance, and question the Board regarding actions.

Data Presentation

The report of shares activity on the secondary market is carried out comprehensively in the form of tables, graphs, and diagrams to facilitate the understanding.

Stock Registration Activity Report (Monthly)

Stock prices fluctuate because of the demand and supply of these shares. Therefore, we provide stock activity reports every month.

Stock Register

A stock register is a detailed record of the shares issued by a corporation and any repurchases and transfers between shareholders.