
Thresa Sandra Desfika (thresa.desfika@investor.co.id)
JAKARTA, investor.id – PT Media Nusantara Citra Tbk (MNCN) membukukan pertumbuhan laba bersih yang kuat sebesar 38% pada 2021 menjadi Rp 2,577 triliun dibandingkan dengan Rp 1,871 triliun pada 2020. Margin laba bersih meningkat menjadi 27% pada 2021, sedangkan pada tahun 2020 marginnya 24%.
Pada kuartal IV-2021, laba bersih juga menunjukkan hasil yang luar biasa, yang meningkat signifikan sebesar 82% menjadi Rp 766,3 miliar dari Rp 422 miliar pada periode yang sama di tahun sebelumnya. Margin laba bersih MNCN mencapai 30% pada kuartal IV-2021 dari 21% pada periode yang sama tahun lalu.
MNCN mencatat pendapatan konsolidasi sebesar Rp 9,622 triliun pada tahun lalu, meningkat signifikan sebesar 21% dibandingkan dengan 2020 sebesar Rp 7,956 triliun. Sementara, pada kuartal IV-2021, pertumbuhan pendapatan mencapai 28% menjadi Rp 2,549 triliun dari Rp 1,994 triliun pada periode yang sama tahun sebelumnya. Hal tersebut menunjukkan recovery yang kuat seiring dengan membaiknya pandemi di Indonesia.
Executive Chairman MNC Group Hary Tanoesoedibjo mengungkapkan, bisnis FTA (free to air) MNCN terus memperkokoh posisinya sebagai pemain nomor satu di Indonesia dengan dominasi pasar baik dalam hal pangsa pemirsa, rating, dan belanja iklan di TV FTA selama bertahun-tahun. Hal itu berhasil mengarahkan bisnis menuju rekor nasional baru dalam hal pangsa pemirsa untuk beberapa judul konten terbaiknya, terlepas dari tantangan yang ditimbulkan oleh pandemi.
“Selanjutnya, langkah strategis untuk memisahkan bisnis FTA tradisional dan live studio menjadi satu vertikal bisnis, dan untuk mengkonsolidasikan dan memfokuskan semua konten dan inisiatif digital ke dalam vertikal bisnis kedua, kini membentuk landasan digital yang kokoh bagi perseroan untuk memanfaatkan berbagai segmentasi yang berbeda dan didukung dengan keahlian dan inovasi berbasis data,” lengkap Hary Tanoe dalam keterangan resmi, Kamis (14/4/2022).
Dia menambahkan, pihaknya berharap dapat tetap menjadi yang terdepan dalam melayani kebutuhan perilaku konsumen yang terus berubah dan kebutuhan pengiklan untuk memasarkan produk mereka kepada konsumen di berbagai platform, melalui beberapa layanan secara otomatis (automation dan AI) dan cara yang disesuaikan (menggunakan data dan analitik untuk mendorong penggunaan melalui personalisasi dan rekomendasi), yang sebagai imbalannya akan semakin memperkuat nilai pemegang saham.
Editor : Theresa Sandra Desfika (theresa.sandra@investor.id)
Sumber : Investor Daily